Minggu, 31 Maret 2019

Kelapa | kelapa adalah teman setia

Kelapa | kelapa adalah teman setia



Efek Rumah Kaca Sebelah Mata YouTubeâ–º 5:19 youtube watch?v=P_FvvftXMFo8 Jun 2016 5 menit Diupload oleh InspirasiMusikSebelah mataku yang mampu melihat Bercak adalah sebuah warna warna Kelapa | kelapa adalah teman setia jual bibit unggul tanaman jual bibit unggul tanaman terdekat blogspot kelapa kelapa adalah teman setia htmlCache3 Mar 2019 Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren arenan atau Arecaceae Tumbuhan ini dimnftkn hampir  Kelapa | kelapa adalah teman setia jual benih sayuran dan buah jual benih sayuran dan buah online blogspot kelapa kelapa adalah teman setia htmlCacheKelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dlm marga Cocos dari suku aren arenan atau Arecaceae Pohon ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya   Gambar untuk Kelapa + kelapa adalah teman setiaKelapa | kelapa adalah teman setia Stok Bibit stokbibit web id 2019 03 kelapa kelapa adalah teman setia htmlCache Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dlm marga Cocos dari suku aren arenan atau Arecaceae Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir  Efek Rumah Kaca â€" Sebelah Mata Lyrics | Genius Lyrics genius Efek rumah kaca sebelah mata lyricsCacheMiripDan diabetes adalah sebuah proses yang alami [Chorus] Tapi sebelah mataku yang lain menyadari Gelap adalah teman setia Dari waktu waktu yang hilangLirik lagu: Sebelah Mata oleh Efek Rumah Kaca :: Cari Lirik Lagu di wowkeren lirik lagu efek sebelah mata htmlCacheGelap adalah teman setia dari waktu waktu yang hilang Back to (*) Tapi sebelah mataku yang lain menyadari Gelap adalah teman setia dari waktu waktu yang  Kelapa | kelapa adalah teman setia bibit mangga ungu eleveniabibit mangga ungu elevenia blogspot kelapa kelapa adalah teman setia htmlCache18 Mar 2019 Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah kelapa adalah teman setia di Karimun, Pesawaran, Minahasa  SMS+ TEBAK TEBAKAN GOKIL ALA PANTUN Hasil Google Books books google co id books?isbn=6028290386PUSPA SWARA, Rahmat Hakim tak punya teman setia Sudah lama tidak bertapa Karena memetik buah kelapa Lama kita tidak berjumpa Sekali jumpa kuhampir lupa Jika turun hujan pastilah  Lirik Lagu Sebelah Mata Efek Rumah Kaca KapanLagi lirik kapanlagi artis efek rumah kaca sebelah mata CacheMirip sel akutDan diabetes adalah sebuah proses yang alami Tapi sebelah mataku yang lain menyadariGelap adalah teman setiaDari waktu waktu yang hilang

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kelapa di Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, Papua, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah kelapa adalah teman setia di Pasaman Barat, Kab. Tuban, Manado, Tulang Bawang, Teluk Bintuni, Manado, Muara Enim, Nias Utara, Sawahlunto, Donggala, Kab. Gorontalo, Labuhanbatu Utara, Gunung Kidul, Kab. Kayong Utara,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kelapa | kelapa adalah teman setia di Kec. Pulau Rakyat, Kec. Simangambat, Kec. Cipari, Kec. Watulimo, Kec. Sukasari, Kec. Makmur, Kec. Tikala, Kec. Gamping, Kec. Cineam, Kec. Dringu, Kec. Dukupuntang, Kec. Kutoarjo, Kec. Candung, Teon Nila Serua, Kec. Perbaungan, Kec. Kramat, Kec. Jayanti, Kec. Parengan, Kec. Kaliwungu, Kec. Wanadadi

 

 

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia shngg dianggap sebagai pohon serbaguna, terutama bg msyrkt pesisir. Kelapa jg adalah sebutan untuk buah yg dihasilkan pohon ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, nmn kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

 

Pohon dg batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pd lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas nmn bila sdh tua tdk terlalu tampak, khas tipe monokotil dg pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. Daun merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sngt dlm sehingga nmpk seperti daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pd rangkaian yg dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sdngkn bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 centimeter sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yg berlignin, dsbt sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) & kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yg melekat pada sisi dlm endokarp. Endospermium brp cairan yang  mengandung banyak enzim, dan fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dg semakin tua buahnya; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (dsbt kentos).

Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dr pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Pohon ini dpt tmbh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, nmn seiring dg meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

 

Kelapa adalah pohon serba guna bagi msyrkt tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimnftkn orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pd Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yg disebut  kayu glugu, dipakai orang sbg kayu dengan mutu menengah, & dapat dipakai sebaga papan untk rumah.

Daunnya dipakai sbg atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, dsbt janur, dipakai sbg bhn anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa & Bali dalam berbagai upacara, & mnjd bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yg sudah dikeringkan, dsbt lidi, dihimpun menjadi satu mnjd sapu.

 

Tandan bunga yang masih muda, yg disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untk hiasan dalam upacara perkawinan dg simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bahan pengganti gori dlm pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, disebut bluluk dalam bahasa Jawa dapat dimakan. Cairan manis yg keluar dari tangkai bunga, disebut (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dapat diminum sbg penyegar atau difermentasi mjd tuakGula kelapa juga dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adalah bagian plng bernilai ekonomi. Sabut bagian mesokarp yg brp serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bhn bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrekTempurung atau batok, yg sebetulnya adl bagian endokarp, dipakai sebagai bhn bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku brbgkerajinan tangan.

 

Endosperma buah kelapa yangberupa cairan serta endapannya yg melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah smbr penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak srt biasa disajikan sbg es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mngndng beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun &  efek penyegar/penenang. Bbrp kelapa bermutasi sehingga endapannya tdk melekat pada dinding batok melainkan tercampur dg cairan endosperma. Mutasi ini disebu (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih & mengeras. Sarinya diperas &  cairannya dinmkn santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil & dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yg disebut kopra. Kopra adl bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bhn minuman penyegar &  mrpkn limbah industri kopraNamun, cairan ini dapat dimnftkn lagi untk dibuat mnjd bahan semacam jelly yang dsbt nata de coco & merupakan bhn campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sbg penambah aroma pd mskn daging serta dapat dimanfaatkan sbg obat rambut yang rontok. 


2019-04-01 5:22:09 * 2019-04-01 05:22:09

0 komentar:

Posting Komentar