Jumat, 29 Maret 2019

Kelapa | kelaparan

Kelapa | kelaparan



Gambar untuk Kelapa + kelaparanKelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa idntimes kelaparan korban gempa di lombok utara makan kelapaCache8 Ags 2018 Saat gempa terjadi 80 persen rumah rumah di Dusun Selebung Daya Lombok Utara dalam kondisi hancur Kelaparan, Warga Donggala Makan Kelapa dan Pisang | RADAR radarbogor id kelaparan warga donggala makan kelapa dan pisang Cache4 Okt 2018 Di sana, warga terpaksa makan kelapa demi bertahan hidup Wartawan Jawa Pos (Grup Radar Bogor) Agus Dwi Prasetyo dan Haritsah  Tertipu Mandor, 4 Warga Garut Telantar dan Kelaparan di Kelapa megapolitan kompas tertipu mandor 4 warga garut telantar dan kelaparan di kelapa gadingCache24 Jan 2018 Mereka pun sempat kelaparan dan kebingungan karena tidak punya uang Kita langsung minta tolong ke Polsek Kelapa Gading untuk  Kelaparan, Warga di Lombok Utara Terpaksa Makan Serabut inews id kelaparan warga di lombok utara terpaksa makan serabut kelapa mudaCacheKelaparan, Warga di Lombok Utara Terpaksa Makan Serabut Kelapa Muda iNews · Rabu, 15 Agustus 2018 14:24 WIB Facebook Social Media Twitter Social  Kelaparan Kelaparan Tersembunyi detikNews news detik kolom d kelaparan kelaparan tersembunyiCache5 Feb 2018 pokok di Papua akibat kian meluasnya lahan perkebunan kelapa sawit Padahal Artinya, ada kasus kasus kelaparan tersembunyi di Bumi  Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa | KASKUS kaskus co id kelaparan korban gempa di lombok utara makan kelapa Cache8 Ags 2018 Jakarta, IDN Times Korban gempa di Dusun Selebung Daya, Desa Dasan Tengah, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, terpaksa  Headline News | Ratusan Korban Gempa di Sigi Terancam Kelapa…video metrotvnews yKX9RaON ratusan korban gempa di sigi terancam kelaparan4 Okt 2018 Ratusan warga korban gempa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mengaku terancam mengalami kelaparan karena hingga saat ini belum  Bajing kelapa, kelaparan sóc Ä'ói YouTube youtube watch?v=FksUbXJf5uQ28 Tháng Sáu 2018 Bajing kelapa, kelaparan sóc Ä'ói opo iso Loading Unsubscribe from opo iso? Cancel Unsubscribe Working SubscribeSubscribed  Berita Terkini KELAPARAN: Bocah Perempuan di Malaysia suara tag kelaparanCacheBocah Perempuan di Malaysia Kelaparan Dikunci Ibunya dari Luar Rumah 06: 42 WIB 8,4 Juta Warga Yaman Terancam Kelapa Ancaman bencana 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kelapa di DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Banten, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Riau, Nusa Tenggara Timur

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah kelaparan di Pariaman, Wajo, Bangka Selatan, Toli-Toli, Kab. Sumedang, Bangka Selatan, Banjarbaru, Kota Surakarta, Soppeng, Sorong, Gowa, Musi Rawas, Kab. Pemalang, Musi Banyuasin,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kelapa | kelaparan di Kec. Juwiring, Kec. Sukoharjo, Kec. Purwasari, Kec. Labuhan Haji Barat, Kec. Lekok, Kec. Regol, Kec. Cempaga Hulu, Kec. Sipahutar, Kec. Portibi, Kec. Benjeng, Kec. Puri, Kec. Bojong, Kec. Wonotunggal, Kec. Cisarua, Kec. Pulau Dullah Utara, Kec. Parungpanjang, Kec. Glumpang Tiga, Kec. Dolok Masihul, Kec. Pademangan, Kec. Cilamaya Kulon

 

 

Kelapa (Cocos nucifera) adl anggota tunggal dlm marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Pohon ini dimnftkn hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bg masyarakat pesisir. Kelapa jg adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan pohon ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, nmn kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

 

Tumbuhan dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pd lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya krng baik digunakan untk bangunan. Daun mrpkn daun tunggal dg pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak seperti daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yg dilindungi oleh bractea; trdpt bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 centimeter sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bgn endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yg melekat pada sisi dalam endokarp. Endospermium brp cairan yg  mengandung banyak enzim, & fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dengan semakin tua buahnya; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (disebut kentos).

Kelapa secara alami tmbh di pantai & pohonnya mencapai ketinggian 30 meter. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, nmn kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Pohon ini dpt tmbh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, nmn seiring dg meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

 

Kelapa adl pohon serba guna bg msyrkt tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimnftkn orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pd Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yang disebut  kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebaga papan untk rumah.

Daunnya dipakai sbg atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, dsbt janur, dipakai sbg bhn anyaman dlm pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yg sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa & Bali dalam berbagai upacara, dan mnjd bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yg sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun mnjd satu menjadi sapu.

 

Tandan bunga yang msh muda, yang disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untk hiasan dlm upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bahan pengganti gori dalam pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, dsbt bluluk dlm bahasa Jawa dpt dimakan. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga, disebut (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dapat diminum sbg penyegar atau difermentasi menjadi tuakGula kelapa juga dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adalah bgn paling bernilai ekonomi. Sabut bagian mesokarp yg brp serat-serat kasar, diperdagangkan sbg bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bg anggrekTempurung atau batok, yg sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bhn bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku brbgkerajinan tangan.

 

Endosperma buah kelapa yangbrp cairan serta endapannya yg melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah smbr penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak srt biasa disajikan sbg es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun &  efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi shngg endapannya tidak melekat pd dinding batok melainkan tercampur dg cairan endosperma. Mutasi ini dsbt (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas &  cairannya dinmkn santan. Daging buah tua ini jg dapat diambil dan dikeringkan serta mnjd komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adl bhn baku pembuatan minyak kelapa & turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak mnjd bhn minuman penyegar dan  mrpkn limbah industri kopraNmn, cairan ini dapat dimnftkn lagi untuk dibuat mnjd bahan semacam jelly yg disebut nata de coco & mrpkn bhn cmprn minuman penyegar. Daging buah kelapa jg dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pd mskn daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yg rontok. 


 
2019-03-30 13:13:06 * 2019-03-30 13:12:16

0 komentar:

Posting Komentar