Senin, 01 April 2019

Kelapa | kelapa tua

Kelapa | kelapa tua



Kelapa Tua Dan Kelapa Muda, Mana Yang Lebih Bergizi?Kandungan kalori kelapa muda lebih rendah dari kelapa tua Seperti umumnya bahan makanan lain, kelapa muda memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kelapa tua Kandungan vitamin dan mineral pada kelapa tua lebih lengkap dari kelapa muda Kandungan air kedua jenis kelapa sama sama baik untuk tubuh Kelapa Tua Dan Kelapa Muda, Mana Yang Lebih Bergizi? Dokter doktersehat gizi kelapa tua dan kelapa muda Manfaat Kelapa Muda vs Kelapa Tua: Mana yang Lebih Baik? hellosehat hidup sehat manfaat kelapa bagi kesehatan Cache14 Jan 2019 Apa benar kelapa muda memiliki banyak manfaat kesehatan dibanding kelapa tua? Ketahui perbedaan manfaat kelapa muda dan kelapa tua  10 Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan Manfaat co id manfaat co id manfaat air kelapa tuaCacheNamun tahukah anda jika ada perbedaan antara air kelapa muda dan air kelapa tua Menurut penelitian air kelapa tua lebih banyak memiliki manfaat di bidang  Manfaat air kelapa hijau dan air kelapa tua untuk ibu hamil dan merdeka sehat manfaat air kelapa kln htmlCache27 Mei 2018 Manfaat air kelapa hijau dan air kelapa tua untuk ibu hamil dan kesehatan wajah Ini adalah salah satu minuman yang sangat digemari oleh  Air Kelapa Muda vs Air Kelapa Tua, Mana yang Lebih Sehat? Info klikdokter air kelapa muda vs air kelapa tua mana yang lebih sehatCache26 Sep 2017 Klikdokter , Jakarta Siapa yang tak menyukai segarnya minum air kelapa Terlebih lagi kalau dikonsumsi saat siang hari yang terik, atau  Manfaat Air Kelapa Tua yang Wajib Kamu Ketahui! tokomesinkelapa manfaat air kelapa tua Cache25 Sep 2018 Inilah manfaat air kelapa tua yang tidak kalah dari air kelapa muda yang wajib kamu ketahui Artikel ini berisi penjelasannya secara detail Gambar untuk Kelapa + kelapa tuaKelapa Tua Dan Kelapa Muda, Mana Yang Lebih Bergizi? Dokter doktersehat gizi kelapa tua dan kelapa muda CacheKelapa tua memiliki kandungan gizi yang telah lengkap dan bisa dimanfaatkan sebagai santan dan minyak, sedangkan kelapa muda rendah kalori dengan  Awas Keliru, Ini Kekeliruan yang Sering Terjadi Seputar Khasiat Air jabar tribunnews awas keliru ini kekeliruan yang sering terjadi seputar khasiat air kelapaCache13 Apr 2018 Air kelapa tua memiliki 3 persen kadar gula, sedangkan pada air kelapa muda mengandung 5,1 persen kadar gula Jual Produk Kelapa Tua Murah dan Terlengkap | Bukalapak bukalapak products s kelapa tuaCacheBeli produk kelapa tua berkualitas dengan harga murah dari berbagai pelapak di Indonesia Tersedia âœ" Gratis Ongkir âœ" Pengiriman 1 hari sampai 5 Kekeliruan Seputar Khasiat Air Kelapa Kompas lifestyle kompas 5 Kekeliruan Seputar Khasiat Air KelapaCache29 Des 2012 Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3 persen pada air kelapa tua, dan 5,1 persen pada air kelapa muda "Itulah yang 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kelapa di Nusa Tenggara Barat, Aceh, Papua, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Jawa Tengah

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah kelapa tua di Bangka Barat, Labuhanbatu Selatan, Halmahera Tengah, Pagar Alam, Batanghari, Halmahera Tengah, Aceh Tenggara, Pematangsiantar, Solok Selatan, Kab. Cianjur, Way Kanan, Buru, Ogan Komering Ilir, Kab. Madiun,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kelapa | kelapa tua di Kec. Kepenuhan, Kec. Besuki, Kec. Kaliwungu, Subang, Kec. Sandrobone, Kec. Kradenan, Kec. Pemali, Kec. Kauman, Kec. Pajangan, Kec. Kalitidu, Kec. Cibeber, Kec. Gondanglegi, Kec. Mandalle, Kec. Kedungwaru, Kec. Gayungan, Kec. Cibeunying Kaler, Kec. Gubug, Kec. Ngunut, Kec. Kuta Malaka, Kec. Pagimana

 

 

Kelapa (Cocos nucifera) adl anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Pohon ini dimnftkn hampir semua bagiannya oleh manusia shngg dianggap sebagai pohon serbaguna, terutama bg masyarakat pesisir. Kelapa jg adalah sebutan untk buah yang dihasilkan pohon ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, nmn kini tlh menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

 

Pohon dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pd lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas nmn bila sudah tua tdk terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. Daun mrpkn daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak seperti daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pd rangkaian yang dilindungi oleh bractea; trdpt bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sdngkn bunga jantan di bgn yang jauh dr pangkal. Buah besar, diameter 10 centimeter sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yg berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yg keras (dsbt batok) & kedap air; endokarp melindungi biji yg hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dlm endokarp. Endospermium brp cairan yg  mengandung banyak enzim, & fase padatannya mengendap pd dinding endokarp seiring dg smkn tua buahnya; embrio kecil & baru membesar ketika buah siap untk berkecambah (disebut kentos).

Kelapa scr alami tmbh di pantai & pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, nmn kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dpt tumbuh hngg ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

 

Kelapa adalah pohon serba guna bagi msyrkt tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yang dsbt  kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebaga papan untk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sbg bhn anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa & Bali dlm berbagai upacara, dan mnjd bentuk kerajinan tangan yg berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun mnjd satu menjadi sapu.

 

Tandan bunga yg msh muda, yg disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bahan pengganti gori dlm pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, disebut bluluk dlm bahasa Jawa dpt dimakan. Cairan manis yg keluar dari tangkai bunga, dsbt (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dapat diminum sebagai penyegar atau difermentasi mjd tuakGula kelapa juga dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adl bagian plng bernilai ekonomi. Sabut bagian mesokarp yang brp serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bhn bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bg anggrekTempurung atau batok, yang sebetulnya adl bagian endokarp, dipakai sbg bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, & bhn baku brbgkerajinan tangan.

 

Endosperma buah kelapa yangbrp cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah smbr penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih & lunak srt biasa disajikan sbg es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim & memilki khasiat penetral racun &  efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tdk melekat pd dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebu (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih & mengeras. Sarinya diperas dan  cairannya dinmkn santan. Daging buah tua ini jg dapat diambil & dikeringkan serta mnjd komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adl bhn baku pembuatan minyak kelapa & turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bhn minuman penyegar dan  merupakan limbah industri kopraNmn, cairan ini dpt dimanfaatkan lagi untuk dibuat mnjd bahan semacam jelly yang dsbt nata de coco & mrpkn bhn cmprn minuman penyegar. Daging buah kelapa jg dpt dimnftkn sebagai penambah aroma pada mskn daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yg rontok. 


2019-04-02 4:06:05 * 2019-04-02 04:05:12

0 komentar:

Posting Komentar